Minggu, 08 Januari 2012

pembahasan belajar dan pembelajaran

Khusus Belajar dan Pembelajaran :
            Pengertian belajar menurut saya adalah usaha yang dilakukan oleh seorang individu untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Karena dengan belajar kita akan mengetahui apa yang belum diketahui sebelumnya, mengetahui apa yang baik dilakukan dan apa yang tidak baik dilakukan. Dalam kehidupan ini belajar sangat penting dilakukan, baik belajar menyayangi, mencintai dan belajar menghormati. Seseorang yang belajar akan mengalami perubahan tingkah laku dalam dirinya.
            Dengan belajar maka maka akan timbullah mental dan keberanian pada diri kita untuk menghadapi sesuatu, karena kita sudah punya bekal. Contoh : seseorang yang bercita-cita ingin kuliah di Amerika Serikat, tentu saja bahasa yang digunakannya adalah bahasa inggris, dan orang itu berusaha belajar bahasa inggris dan mengikuti kursusu-kursus bahasa inggris dengan tekun, maka dia sudah mempunyai modal untuk kuliah disana tanpa mengkhawatirkan cara berkomunikasi dan bergaul dengan lingkungan tempat dia kuliah nantinya.
            Orang yang belajar cenderung bersifat cerdas, baik, bermanfaat bagi orang banyak, jujur, sopan, rajin, aktif dan permanen.
            Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dalam lingkungan belajar. Belajar akan berhasil apabila pendidik dan peserta didik saling memahami dan saling berhubungan dalam proses belajar mengajar berlangsung. Tapi ada perbedaan antara pendidik dan peserta didik. Dilihat dari segi waktunya adalah waktu pendidik untuk mengajar disekolah terbatas karena disesuaikan dengan jadwal sekolah. Sedangkan waktu peserta didik untuk belajar tidak terbatas, maksudnya sepanjang hayat dan setidaknya mereka masih belajar setelah lulus sekolah.
            Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan itu adalah proses terjadinya belajar dan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar